DEWI ASRI TOUR ORGANIZER
Tirta Yatra ke Jawa
Tirta Yatra Ke Bali
Tirta Yatra Ke Lombok
Paket Tour Lainnya
  • Header
  • Header Bromo
  • Museum Satwa Jatim Park 2
  • Pura Giri Slaka Alas Purwa
  • Pura Mandara Giri Semeru Agung
  • Pura Bale Kambang Malang
  • Pura Giri Arjuna Malang
  • Pura Agung Blambangan
  • Pura Jagat Karta Gunung Salak
  • pura medang kemulan
  • pura lingsar lombok
  • Kutai
  • Candi Prambanan
  • Nusa Penida
  • pura menjangan
  • Travel Document

     

    SYARAT PENGURUSAN PASSPORT

    PRIBUMI » DEWASA

    1. Akte lahir
    2. Ijasah SD & ijasah terakhir
    3. KTP
    4. Kartu keluarga
    5. Akte nikah
    6. Surat sponsor (jika di KTP status pekerjaannya karyawan)
    7. Salinan SIUP & NPWP (jika di KTP status pekerjaannya wiraswasta)
    8. Salinan SK pengangkatan, kartu pegawai & izin dari atasan (untuk pegawai negeri, ABRI, dokter) atau jika sudah pensiun, diganti dengan SK pensiun saja.

    PRIBUMI » ANAK UMUR 6-16 TAHUN (untuk passport tempel atau pisah)

    1. Akte lahir anak
    2. Akte lahir orangtua (tergantung tempel di paspor ayah atau ibu)
    3. Kartu Keluarga
    4. KTP Ayah & Ibu
    5. Akte nikah orang tua
    6. Ijasah SD & terakhir ortu.

    Catatan: Untuk pribumi tidak ada screening

    WNI KETURUNAN » DEWASA

    1. Akte lahir
    2. KTP
    3. Kartu Keluarga
    4. Akte nikah
    5. Surat Sponsor (jika di KTP status pekerjaannya karyawan)
    6. Salinan SK pengangkatan, kartu pegawai & izin dari atasan (untuk pegawai negeri, ABRI, dokter) atau jika sudah pensiun, diganti dengan SK pensun saja.
    7. WNI
    8. Ganti nama, jika ada.

    Untuk Screening

    1. Jika WNI-nya berdasarkan orang tua, diperlukan :
      • WNI ayah
      • Ganti nama ayah, jika ada
      • Akte nikah orang tua
    2. Jika berdasarkan anak luar nikah, diperlukan :
      • WNI ibu
      • Ganti nama ibu, jika ada
      • Akte lahir ibu
    3. Jika di akte lahir tadinya anak luar nikah dan kemudian dalam akte ada pengakuan menjadi anak suami istri, diperlukan semua syarat-syarat di point a dan b di atas.
    4. Jika WNI-nya didapat berdasarkan WNI suami, diperlukan:
      • WNI suami
      • Ganti nama suami, jika ada
      • Akte kawin yang bersangkutan

    Khusus Jakarta Pusat, kalau screening diperlukan 3 lembar pas photo berwarna ukuran 3x4 cm (terbaru)

    WNI KETURUNAN » ANAK 6-16 TAHUN (untuk passport tempel atau pisah)

    1. Akte lahir anak
    2. Akte lahir orangtua (tergantung tempel di paspor atau ibu)
    3. KTP ayah & ibu
    4. Kartu keluarga
    5. Akte nikah orang tua
    6. WNI orang tua :

    Ø  Jika anak pernikahan suami atau istri, yang dipakai:

    §  WNI ayah

    §  Ganti Nama ayah (jika ada)

    §  dan Akte Nikah orang tua.

    Ø  Jika anak luar nikah, yang dipakai:

    §  WNI ibu

    §  Ganti Nama ibu (jika ada)

    §  dan Akte Lahir ibu.

    1. Paspor ayah atau ibu yang mau ditempel.

     

     Berbagai Jenis Visa

    Visa memiliki berbagai jenis dan masing masing memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda seperti Visa Wisata, visa pelajar, visa kerja, visa bekerja liburan (working holliday visa) ,visa diplomatik, visa kunjungan dinas   (pemerintahan). Dari sekian banyak visa yang ada saya hanya akan membahas beberapa saja diantaranya yaitu yang umum ditemukan.

    Visa Wisata

    Merupakan jenis visa yang paling umum dan sekaligus paling mudah didapatkan. Syarat utamanya umumnya adalah tidak jauh berbeda untuk tiap negara yaitu, harus sudah memiliki tiket pesawat pergi pulang kemudian melampirkan konfirmasi hotel tempat menginap dan rencana perjalanan. Sedangkan syarat lainnya hanyalah sebagai pelengkap saja. Namun walaupun begitu syarat pelengkap tersebut juga tidaklah kalah pentingnnya contohnya seperti tempat bekerja, rekening tabungan serta riwayat perjalanan kita ke luar negeri. Intinya adalah kita mampu meyakinkan petugas bahwa tujuan kita adalah benar benar untuk wisata.

    Dari segi cara pengurusannya, visa wisata ini bisa didapatkan dengan 3 jalur yaitu:

    Kunjungan wisata pribadi artinya semua perjalanan yang dilakukan, baik dari segi dana, persiapan dan perijinan / jaminan ditanggung oleh pribadi atau orang yang bersangkutan. Untuk kebanyakan kasus, umumnya visa relatif susah untuk didapatkan terlebih bagi mereka yang tidak mempunyai catatan perjalanan ke luar negeri sebelumnya.

    Kunjungan wisata atas Undangan sesorang atau organisasi Dokumen terpenting yang diminta adalah melampirkan Surat Undangan atau Certificate of Eligibility dari pihak pengundang. Kemudian syarat lain adalah Surat Jaminan dari pihak pengundang, baik dalam hal finansial, akomodasi ataupun musibah dan hal lain. Untuk undangan yang dilakukan oleh perorangan harus memenuhi bebererapa syarat penting yang satu diantaranya adalah finansial yang cukup yang dibuktikan dengan dokumen tertentu.

    Kunjungan wisata lewat agen perjalanan Jalur ini mungkin adalah yang paling mudah untuk dilakukan, karena hampir semua sudah disiapkan oleh agen yang bersangkutan, sedangkan wisata yang dilakukan tanpa lewat travel agen.

    Sedikit catatan, visa ini sama sekali tidak bisa dipakai untuk bekerja walaupun kadang ada juga orang tertentu yang menggunakannya untuk bekerja atau bahkan menggunakan visa wisata sebagai kedok dan kemudian melarikan diri atau menjadi pekerja illegal di negara tersebut.

    Bukan berita yang aneh kalau kita mendengar sebuah group kunjungan wisata dari negara berkembang kehilangan beberapa anggotanya karena melarikan diri dan menjadi tenaga kerja illegal ketika berkunjung ke negara maju. Kemudian kasus kriminal karena kehabisan bekal perjalanan, perdagangan manusia dan beberapa kasus lain membuat kebijakan visa yang diberlakukan oleh negara maju menjadi semakin di perketat. Sialnya lagi kebanyakan dari mereka adalah berasal dari Asia atau negara berkembang. Walaupun saya yakin Anda adalah bukan termasuk golongan tersebut namun beberapa kasus yang terjadi yang dibuat oleh rekan kita dari negara yang sama umumnya sudah cukup mengundang kontrol dan pengawasan mereka menjadi semakin ketat khususnya terhadap warga negara tertentu.

    Visa on Arival ( VOA )

    Visa yang bisa didapatkan atau di apply di bandara kedatangan. Sangat mudah dan menyenangkan tentu saja karena hanya dengan membayar sejumlah uang tertentu maka visa dipastikan sudah bisa didapatkan. Namun sayang kemudahan ini hampir tidak bisa dimanfaatkan oleh pemegang pasport Indonesia terlebih lagi kalau hendak mengunjungi negara maju.

    Visa Kerja

    Bagian ini mungkin cukup menarik untuk sebagian orang. Kerja di negara lain, siapa yang tidak berminat ! Namun masalahnya untuk mendapatkan visa kerja ini tidaklah mudah dan bahkan tidak berlebihan kalau saya katakan paling sulit untuk didapatkan dibandingkan dengan jenis visa lainya. Yang jelas Anda tidak bisa apply visa kerja untuk mencari kerja artinya visa ini diperoleh kalau Anda sudah pasti bekerja di negara yang bersangkutan yang dibuktikan dengan sejumlah dokumen.

    Jadinya wajar karena sulitnya untuk mendapatkan visa jenis ini, banyak orang yang melakukan jalan pintas yaitu pada awalnya mengajukan permohonan visa wisata, karena bisa didapatkan dengan relatif mudah, kemudian melarikan diri dan menjadi pekerja gelap ketika sudah tiba di negara yang dituju. Kalau Anda tertarik untuk bekerja di negara tersebut, info lengkapnya bisa dibaca di tulisan saya berikut ini.

    Visa Pelajar

    Tidak jauh berbeda dengan visa kerja, syaratnya pengajuannya adalah harus sudah diterima di salah satu sekolah, tempat kursus atau universitas di negara tersebut yang dibuktikan dengan dokumen tertentu. Khusus untuk tempat kursus seperti kursus bahasa jepang misalnya, kalau tidak salah, minimal untuk masa pendidikan 1 tahun. Visa ini bisa dipakai untuk bekerja khususnya untuk kerja paruh waktu (partime job) setelah sebelumnya meminta ijin dari pihak sekolah dan imigrasi di negara tersebut.

    Transit Visa

    Tidak jauh beda dengan Visa On Tansit (VOT) yang sudah dibahas di awal, visa ini juga relatif susah didapatkan untuk pemegang pasport Indonesia. Perkecualian untuk mereka yang bekerja atau wisatawan di kapal pesiar, ABK (anak buah kapal).

     

    SYARAT-SYARAT PEMBUATAN VISA

    ·         paspor minimal masa berlaku 6 bulan

    ·         2 lembar foto 4x6 cm berwarna dan terbaru

    ·         surat sponsor dari perusahaan tempat kerja

    ·         salinan SIUP dan NPWP

    ·         untuk anak yang masih sekolah minta surat keterangan dari sekolah atau salinan kartu pelajar yang masih berlaku

    ·         bukti keuangan 3 bulan terakhir dari yang bersangkutan, kecuali dalam rangka bisnis dapat melampirkan bukti keuangan perusahaan (min. jumlah nominal rate - rate Rp. 30 juta/ orang)

    ·         salinan kartu keluarga dan salinan akte nikah

    ·         bila ada anak / saudara yang dikunjungi di Australia harus melampirkan salinan surat-surat yang menunjukkan bukti hubungan yang jelas (contoh akte lahir, akte nikah atau surat ganti nama), salinan karut pelajar / ID Card dan salinan paspor dan visa orang yang akan dikunjungi di Australia

    ·         bila pihak pengundang di Australia (harus yang hubungannya sekandung, contoh : anak kandung, adik / kakak kandung) menanggung biaya finansial, akomodasi, atau lainnya maka pihak pengundang harus mengisii form 1149

    ·         pemohon yg berumur 70 tahun keatas (dihitung berdasarkan tahun lahir) diperlukan asuransi perjalanan dan surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk oleh kedutaaan. Surat kesehatan harus dikirim oleh dokter langsung ke kedutaan

    ·         surat undangan dari Australia bila dalam rangka bisnis dan untuk bisnis yang lebih dari 1 bulan diperlukan rontgen.

     

     

    INFORMASI LEBIH LANJUT HUB. DEWI ASRI TOUR ORGANIZER
    0361 - 4712646/ 081353045447
     
     

    Latest News

    View All

    KEGIATAN STUDI BANDING BERSAMA FORUM PAUD KOTA BENGKULU DI DENPASAR BALI, SEPTEMBER 2018 More...
    NGANYARIN BERSAMA BALITBANG KOTA DENPASAR, PR. GIRI SLAKA ALAS PURWA - PR. PURWO GIRI WASESO - PR. MANDARA GIRI SEMERU AGUNG, LUMAJANG - PR. POTEN BROMO, JULI 2018 More...